Sunday, January 25, 2015

Barang Jadul (Jaman Doeloe)

Barang jadul atau jaman dulu,diperkirakan era tahun 60-80 an,disain dan model furnitur masih sangat sederhana dan biasa-biasa saja.Karakteristiknya juga lembut dan bersahaja,dengan ciri khas kaki bulat dan kecil.
Tapi di sisi lain mempunyai nilai artistik tersendiri di antaranya sedikit ukiran dibagian-bagian tertentu,pemakaian aksesoris handle dan kunci dari bahan kuningan,perak bahkan berlapiskan emas pada model-model tertentu(mebel-mebel jaman dulu yang termasuk katagori barang antik),dan tentunya tidak akan kita temui lagi di toko-toko jaman sekarang ini karena mungkin sudah tidak memproduksi lagi.
kalau kita simak dari sistem dan cara pembuatannya tentu sangat unik juga,dimulai dengan bahan baku tentunya menggunakan kayu jati tua yang sudah puluhan tahun umurnya hingga diameternya sudah mencapai setidaknya 60 cm bahkan lebih.dan terkadang menebangnya sendiri di hutan.
Perkakas yang di gunakannya pun masih dibilang sederhana dan bersifat manual tidak seperti jaman sekarang yang serba meggunakan energi listrik dan tekhnologi canggih,penyematan atau penyetelan kerangkanya pun menggunakan sistem pasak yang di lubangi terlebih dahulu dengan menggunakan bor tangan dan serba manual,maka untuk memproduksi satu barang saja memerlukan waktu yang relatif sangat lama,mingguan bahkan berbulan-bulan,tapi inilah yang menjadi sisi keunikan tersendiri.

Almari gambar diatas diperoleh dari salah satu masyarakat didaerah sekitar, kondisinya memang sedikit kusam tapi kondisi dan struktur kayu masih sangat bagus dan terjamin.

Dan inilah hasil akhir setelah mengalami renovasi :






Bagi anda yang ingin menjual furniture lama,merenovasi,atau berminat order bisa menghubungi :
Contact person A/n NahariHadi  Hp. 085798216844 khusus wilayah bandung.
http://adf.ly/?id=6270634

No comments:

Post a Comment